Kota Pekalongan – Subbagian Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Peningkatan Publikasi Layanan Publik Area Eks Karesidenan Pekalongan di Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, dihadiri Kasubbag TU, Humas maupun Pengelola TIK Area Eks Karesidenan Pekalongan, Jumat (3/11/2017).
Pada kesempatan tersebut, Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov Jateng HM Afief Mundzier, S.Ag, M.Si memberikan apresiasi dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta rapat atas kontribusi berita website. Diharapkan kedepan untuk pengelolaan website dapat ditingkatkan lagi sebagai media informasi dan publikasi terkait pelayanan tugas dan fungsi Kementerian Agama.
“Penilaian pencapaian prestasi dalam pengelolaan website provinsi dan daerah harus terus ditingkatkan, karena berdasarkan laporan dari tim penilai di Kanwil, pengelolaan website di kabupaten/kota masih belum maksimal,” kata Afief.
Menurut Afief, selama ini akar permasalahan layanan publik ada pada internal lembaga dan juga belum adanya kepedulian di masing-masing seksi pada pengelolaan website. Kanwil berharap kepada para Kasubbag TU untuk dapat mengatasi kendala permasalahan yang ada. Terkait layanan publik Kementerian Agama, semua harus ikut berperan serta aktif dalam mengirimkan berita dan informasi layanan publik agar masyarakat luas mengetahui dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
“Kasubag TU dimohon untuk mendorong para Kasi dan Gara dalam memenuhi konten data website maupun humas, sehingga memudahkan masyarakat mengakses data informasi lewat website tanpa datang ke Kantor Kemenag. Masalah keterbatasan ketersediaan SDM, Segera usulkan jft pranata humas ke Kanwil. Paling tidak, ada 1 pranata humas Kab/Kota,” jelas Afief.
Sementara itu, dalam sambutannya Plt Kepala Kantor Kementerian Agama kota pekalongan sekaligus Kasubbag TU Drs Mohamad Yahya menyampaikan peran penting tugas humas.
“Jangan sekali-kali humas Kota Pekalongan maupun lainnya memberikan informasi yang datanya tidak jelas kepada masyarakat. Baik dan buruknya sebuah organisasi tergantung pada humas. Rakor sebagai evaluasi pencapaian tugas humas, mudah-mudahan pengelola data dan informasi dapat meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat,” kata Yahya.
Acara selanjutnya diisi ASN subbag informasi dan humas Kanwil Kemenag Prov Jateng Gentur Rachma Indriadi yang memaparkan penilaian dan pemeringkatan website area eks Karesidenan Pekalongan sampai dengan bulan September 2017, harapannya dapat memberikan gambaran dan motivasi kepada Kankemenag area eks kabupaten/kota, juga sebagai bahan evaluasi pengelolaan website daerah.
“Mari kita layani masyarakat dengan baik melalui media sosial dengan memberikan informasi dan layanan publik Kementerian Agama,” Pungkas Gentur.