Tetap disiplin 5M dan terapkan protokol kesehatan Mari tetap di rumah, dan doakan pandemi segera berakhir. Dari Rumah untuk Indonesia #PrayFromHome || " AYO IMUNISASI, BERSATU SEHATKAN NEGERI " ||

Madrasah Aliyah Negeri


MAN 2 KOTA PEKALONGAN

2016-03-07 15:05:15

NSS 311337501281 

Jl. Jendral Urip Sumoharjo Pekalongan

Telepon: +62-0285-421059 Fax: + 62-0295-421059

Email: man02pekalongan@gmail.com  

Website: www.man2pekalongan.sch.id

Visi :

"Madrasah Religius, Unggul,  Berprestasi dan Berwawasan Lingkungan"

 Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas di bidang agama dan  umum.
  2. Melaksanakan program pengembangan diri dan ketrampilan.
  3. Mengamalkan nilai – nilai agama Islam dan mengembangkan sikap keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat.
  4. Mengembangkan budaya kreatif dan kompetitif dalam upaya pencapaian dan peningkatan prestasi.

Melihat sejarah berdirinya, MAN 2 Kota Pekalongan  berasal dari PGA (Pendidikan Guru Agama) yang di dirikan oleh Ustad Abdullah Hinduan pada oktober 1950 yang kemudian pada tahun 1992 berdasarkan SK Menteri Agama RI No:42 tahun 1992 PGAN 3 tahun beralihan fungsi menjadi Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekalongan, sekolah berbasis agama yang di dalamnya juga di isi dengan pengetahuan umum dan ketrampilan. Berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 211 Tahun 2015  MAN 2 Pekalongan sempat berganti nama menjadi MAN 1 Kota Pekalongan, memiliki sumber daya manusia yang professional untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang berkualitas.

Untuk menumbuhkembangkan minat, bakat, kemampuan, professional siswa, di sediakan berbagai fasilitas dan kegiatan ekstrakurikuler. Untuk mendukung progam dari pemeritah kota pekalongan untuk mewujudkan masyarakat yang agamis,maka dimasukkan mata pelajaran baca tulis Al Quran(BTQ). Sebagai tambahan pula di masukan pula bahasa daerah (jawa) dan bahasa jepang ke dalam program belajar mengajar, sehingga siswa memperoleh bekal lebih selain bekal mata pelajaran agama. 

Seiring dengan perkembangan dan tuntutan zaman, MAN 2 Kota Pekalongan meningkatkan ketrampilan siswa dengan memasukkan mata pelajaran ketrampilan otomotif,Tata busana, Pengolahan Produk Hasil Pertanian (PPHP) dengan harapan lulusan MAN 2 Kota Pekalongan mampu dan siap terjun ke masyarakat dan dunia kerja.Tidak hanya itu siswa dapat mengikuti pelatihan ketrampilan dalan lembaga pelatihan kerja swasta Amanah (LPKS Amanah) yang berdiri sejak 25 juni 2007 dengan izin penyelenggara No.563/0851. 

Adapun program LPKS Amanah yang dapat diikuti Otimotif, Tata Busana, PPHP,dan komputer. Pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama (2 Tahun) dan mendapatkan sertifikat dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan trasmigrasi yang akan diserahkan pada acara wisuda. Semoga dengan dukungan masyarakat dan orang tua siswa serta para guru dan pegawai MAN 2 Kota Pekalongan lebih maju dan dapat mewujudkan visi dan misi yang telah dicetuskan sejak awal.

 


MAN Insan Cendekia Pekalongan

2016-03-07 11:39:57

Sejarah

MAN Insan Cendekia Pekalongan
Jl Banyurip Ageng No. 1 Kec. Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan 51131
Jawa Tengah
Indonesia
Telepon : 
0853-4045-1165
0857-5739-1899
Email : admin@icp.sch.id

Sejarah Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Pekalongan (MAN ICP)
Pembentukan MAN Insan Cendekia berawal atas kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi tinggi akan ilmu pengetahuan maupun teknologi dan sejalan dengan keimanan maupun ketaqwaan. Pfor. Dr. ing. B.J. Habibie menginisiasi melalui BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) membentuk STEP ( Science and Technology Equity Program). Tujuan STEP adalah penyetaraan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk sekolah dilingkungan pesantren.

Pada tahun 1996, STEP melekatkan nama SMU Insan Cendekia sebagai nama lembaga pendidikan. STEP memilih lokasi di Serpong (Banten) dan Gorontalo. Rancangan model pendidikan STEP mengambil filosofi magnet school. Lembaga ini mampu menarik sekolah sekitarnya untuk terpicu dalam prestasidan menyiapkan calon pemimpin masa depan bangsa. Pada tahun 2000, BPPT melimpahkan manajerial SMU Insan Cendekia ke Departemen Agama RI. Alih tata kelola ini mengubah nama SMU menjadi MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Insan Cendekia. Meskipun demikian, ciri dan karakter pendidikan STEP tetap melekat dan tidak berubah.

Untuk memperluas semangat Insan Cendekia, pemerintah melalui Kementerian Agama RI mendirikan enam MAN Insan Cendekia yang merupakan replikasi MAN Insan Cendekia yang sudah ada yaitu Serpong, Gorontalo dan Jambi.

Pada tahun 2013, Kota Pekalongan merupakan salah satu lokasi yang dibangun MAN Insan Cendekia dengan lahan seluas +/- 10 Ha yang merupakan hibah dari Pemkot Pekalongan Selatan, dan saat ini sedang dalam  proses pembangunan dan telah dioperasikan untuk tahun ajaran 2015/2016.

MAN Insan Cendekia Pekalongan nantinya akan dapat mendongkrak peningkatan mutu pendidikan di madrasah dan perluasan akses pendidikan dengan keunggulan-keunggulan sistem yang dilatarbelakangi dengan sistem pendidikan islami.

MAN Insan Cendekia Pekalongan, dalam proses belajar mengajar mengikuti model madrasah yang telah meluluskan alumni terbaik madrasah di Indonesia semisal Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia yang ada di Serpong.

DASAR PEMIKIRAN
MAN Insan Cendekia adalah model satuan pendidikan jenjang menengah yang memadukan Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pengayaan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai ciri khas utamanya.

Keunggulan MAN Insan Cendekia dibandingkan madrasah lainnya adalah :

  1. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran mengacu kepada standar mutu diatas standar nasional pendidikan dan bebasis keunggulan lokal.
  2. Dikelola berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dengan dukungan pendidik dan tenaga kependidikannya memenuhi kualifikasi yang disyaratkan.
  3. Fasilitas pembelajaran yang tersedia memenuhi persyaratan kesehatan, keselamatan, kenyamanan dan keamanan.
  4. Peserta didik wajib tinggal di asrama (Asrama Insan Cendekia) yang dikelola secara profesional.
  5. Mewajibkan peserta didik berkomunikasi sehari-hari dilingkungan madrasah dengan menggunakan bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.

Kehadiran MAN Insan Cendekia diharapkan mampu memadukan sains-teknologi dan ilmu agama islam yang bertumpu pada tiga peradaban, yaitu peradaban teks dan kitab, peradaban ilmu, dan peradaban filsafat. Dengan keterpaduan tersebut, MAN Insan Cendekia diharapkan menjadi pelopor upaya menghilangkan dikotomi ilmu pengetahuan Islam di Indonesia. MAN Insan Cendekia menempatkan etika Islam yang bersumber pada nilai-nilai universal Al-Quran dan Al-Hadits untuk menjiwai seluruh bidang keilmuan yang diajarkan.

Keterpaduan ketiga bidang peradaban ini diharapkan dapat melahirkan lulusan MAN Insan Cendekia yang kuat aqidah dan luas pengetahuan agamanya, dan dalam pemikirannya.

 

 


MA/MAN Kota Pekalongan

2015-01-30 09:36:30

Nomor Statistik Madrasah (NSM) Nama Madrasah Alamat Kecamatan       131233750001 MA Salafiyah Jl. Purnasari No.100 Kalibanger Noyontaan  Pekalongan Timur   131233750002 MA KH. Syafi'i Jl. Raya Buaran No. 21 A Pekalongan Selatan   131233750003 MA Ribatul Muta'allimin Jl. HOS Cokroaminoto 57 Landungsari Pekalongan Timur   131133750004 MAN 2 Pekalongan Jl. Jend. Urip Sumoharjo Pekalongan Barat   131133750005 ... [Read More]


Madrasah Aliyah Negeri 3

2015-01-26 15:13:42

Pekalongan- MAN 3 Kota Pekalongan, lokasi di Jl. Trikora Pragak, Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan. ... [Read More]